PENANGANAN TEMBOK YANG MENGAPUR


Post : 2020-07-15 15:01:48. Kategori :   Tips & Trick rt13.jpg

Pengapuran atau munculnya serbuk halus pada permukaan cat tembok adalah salah satu masalah yang sering terjadi. Faktor penyebabnya bermacam-macam, bisa karena cuaca, terpaan sinar matahari dalam jangka waktu yang panjang, kesalahan dalam proses pengecatan seperti pengenceran yang terlalu banyak, pengaplikasian cat yang terlalu tipis atau bisa juga karena dari kualitas cat itu sendiri.

Jika tembok sudah mulai timbul tanda-tanda pengapuran, bagaimana solusinya?

  1. Pertama, cek terlebih dahulu tingkat pengapuran dengan menggosok permukaan dengan jari atau kain gelap.
  2. Pengapuran tingkat sedang/menengah, gosok permukaan tembok dengan sikat kawat atau amplas disertai dengan menyemprot permukaan dengan aliran air hingga bersih. Biarkan permukaan hingga kering sempurna.
  3. Pengapuran tingkat tinggi, lakukan pengerokan bila diperlukan, bersihkan dengan menggunakan sikat kaku dan deterjen ringan. Kemudian bilas secara menyeluruh dengan air hingga bersih. Biarkan permukaan tembok hingga benar-benar kering.
  4. Periksa kembali permukaan tembok dengan menggunakan jari atau lap untuk menentukan jumlah resido kapur.
  5. Apabila kapur sedikit, lakukan pengecatan ulang tanpa aplikasi cat dasar, pilih cat berkualitas tinggi agar lebih tahan terhadap serangan garam alkali.
  6. Jika pengapuran cukup terlihat jelas, aplikasikan cat dasar terlebih dahulu dan gunakan cat berkualitas tinggi untuk lapisan akhir.

Sebelum proses pengecatan, sebaiknya perlu dilakukan pencegahan juga untuk meminimalkan terjadinya pengapuran cat pada tembok, seperti:

  1. Pada permukaan tembok baru, pastikan tembok sudah dalam keadaan kering sempurna dengan kadar air sekitar 18% skala protimeter.
  2. Pastikan permukaan dalam keadaan bersih dan bebas dari kotoran, minyak, debu dan garam alkali yang menempel.
  3. Aplikasikan cat dasar
  4. Gunakan cat khusus ekterior untuk pengecatan tembok luar ruangan.
  5. Lakukan pengenceran sesuai dengan petunjuk pemakaian dan aplikasikan 2-3 lapis untuk memperoleh hasil maksimal.
  6. Pilih cat tembok yang berkualitas tinggi agar lebih tahan terhadap serangan garam alkali dan paparan sinar matahari.

Artikel Populer