Hal Yang Harus Diperhatikan Dalam Mendesain Interior Rumah Minimalis


Post : 2018-08-04 13:33:14. Kategori :   Tips & Trick 1.jpeg

Ruang minimalis menjadi trend masa kini. Ruang minimalis dalam desain rumah yang minimalis itu sangat disukai oleh banyak orang. Meskipun minimalis tidak berarti rumah tersebut tidak mampu menghadirkan kenyamanan dan keindahan bagi pemiliknya. Bahkan rumah dengan desain interior minimalis justru memberi kesan mungil indah, unik dan nyaman.

Karena kelebihan-kelebihan yang dimiliki rumah dengan desain interior minimalis banyak orang yang kemudian melirik dan beralih ke tema interior rumah minimalis. Apalagi bagi siapa saja yang memang memiliki luas bangunan dan tanah yang terbatas. Desain interior rumah minimalis menjadi salah satu alternatif yang banyak diminati.

Yang harus diingat dalam mendesain interior rumah minimalis adalah bahwa sekalipun minimalis tetapi pekerjaan yang harus dilakukan sebenarnya sama dengan desain interior rumah maksimalis. Hanya saja kecermatan dalam pengerjaannya memang lebih dituntut karena seseorang harus berpikir bagaimana mendesain interior rumah minimalis sehingga tetap menghadirkan kenyamanan kepada pemiliknya.

Berikut ini beberapa hal yang harus dicermati dan diperhatikan ketika akan mendesain interior rumah minimalis. Apa yang tertulis dalam postingan ini adalah rangkuman dari artikel yang terkait dengan desain interior rumah minimalis. Sehingga jika Anda ingin mengetahui lebih detilnya Anda bisa melihat link yang disertakan pada setiap bagiannya.

1. Kenali Tema Untuk Desain Interior Rumah Minimalis

Ini penting Anda lakukan. Dengan mengenal tema-tema yang sering diaplikasikan seseorang dalam desain interior rumah minimal, Anda akan mengetahui tema mana yang paling cocok dengan Anda dan rumah Anda. Tentu hal ini akan mempermudah Anda dalam mengaplikasikan tema-tema desain interior rumah.

Banyak tema yang dapat Anda aplikasikan dalam desain interior rumah minimalis Anda. Mulai dari tema minimalis, maksimalis, modern, klasik, retro dan sebagainya. Bahkan dengan kreativitas dan imaji Anda, kombinasi beberapa tema desain interior rumah pun dapat Anda aplikasikan dalam desain interior rumah Anda.

Masing-masing tema mempunyai kekhususan tersendiri yang harus Anda kenali. Mengenali setiap tema desain interior minimalis ini akan mempermudah Anda dalam mengaplikasikan sebuah tema yang sesuai dengan keinginan dan luas area rumah. Pemilihan furniture pun juga akan lebih mudah Anda lakukan karena tentunya Anda hanya akan menerapkan furniture yang sesuai dengan tema rumah Anda.

Sebaliknya jika Anda tidak mengenal tema dan kekhususan yang dimilikinya tentu Anda akan mengalami kesulitan dalam menerapkan tema yang Anda pilih. Bisa jadi tema yang akan Anda aplikasikan justru tidak sesuai dengan apa yang Anda inginkan. Karenanya, ada baiknya Anda memahami setiap tema desain interior rumah minimalis.

Atau jika Anda sudah menetapkan satu tema untuk desain interior rumah minimalis, pahami betul tema yang akan Anda aplikasikan dalam desain interior rumah Anda. Selain akan membantu, hal itu juga akan lebih efisien dari sisi biaya dan waktu yang Anda butuhkan untuk mengaplikasikan tema tersebut.

2.Kenali Aktivitas Anda

Ini penting, karena salah satu fungsi rumah adalah untuk melakukan aktivitas sehari-hari. Jika demikian desain interior rumah minimalis Anda tentu harus mendukung dan memperlancar serta memberi kenyamanan saat Anda melakukan aktivitas di dalam rumah. Karenanya, menciptakan desain interior yang mampu menghadirkan mood yang menggairahkan Anda tentu sangat dibutuhkan.

Hal yang dapat Anda lakukan terkait dengan ini adalah Anda harus benar-benar menaruh perhatian yang serius terhadap pekerjaan desain interior rumah minimalis Anda. Dengan demikian Anda tidak sembarangan mengaplikasikan elemen-elemen interior Anda. Semua telah Anda perhatikan dan Anda sesuaikan dengan kebiasaan Anda dalam sebuah ruanga di rumah Anda. Sehingga fungsi dari setiap elemen yang ada benar-benar fungsional, tidak ada satupun elemen interior yang tidak berfungsi.

Misalnya ketika Anda mengaplikasikan wallpaper pada dinding ruang, wallpapper itu harus mampu menghadirkan keindahan dan kenyamana dalam Anda beraktivitas. Wallpaper yang dipilihpun yang paling sesuai dengan tema desain interior rumah minimalis Anda. Anda akan membatasi diri dalam mengaplikasikan wallpaper meskipun banyak motif dan desain wallpaper yang menarik. Ini artinya wallpaper yang Anda aplikasikan dalam dinding ruang Anda benar-benar pilihan terbaik Anda.

3.Penempatan Furniture Yang Tepat

Ini juga kunci dari kesuksesan mendesain interior rumah minimalis. Bagaimanapun Anda berhasil memilih furniture yang sesuai dengan desain interior rumah minimalis, tetapi jika Anda tidak dapat menempatkan furniture tersebut secara pas dalam ruang Anda maka kesan berantakan juga akan terasa. Karenanya, Anda perlu mengetahui bagaimana menempatkan furniture dalam desain interior rumah minimalis.

Yang tetap harus ada dalam pikiran Anda adalah bahwa Anda mengusung konsep minimalis, karenanya Anda harus tetap berpikir bagaimana agar ruang yang minimalis tersebut nampak terasa luas. Untuk hal itu Anda dapat menggunakan furniture minimalis yang ketika Anda tempatkan dalam sebuah ruangan dalam desain interio rumah Anda tetap akan memberi space kosong dalam ruang tersebut.

Selain itu mengaplikasikan cermin yang besar juga akan memberi kesan luas pada ruang yang sempit. Ingat ketika Anda di toko emas. Lihatlah etalasenya. Berkat cermin dalam etalase tersebut ruang emas tampak lebih luas. Demikian juga saat Anda mengaplikasikan kaca besar dalam sebuah ruang. Kaca tersebut akan memantulkan secara sempurna bayangan di hadapannya sehingga ruangan akan terasa lebih luas dua kali lipat.

Kabinet dan lemari gantung juga sangat tepat Anda aplikasikan dalam desain interior rumah minimalis. Penempatan kabinet dan lemari gantung ini juga akan memberi kesan luas dan memungkinkan Anda menyisakan ruangan yang kosong untuk menjaga kelapangan ruang dalam luas yang sempit.

4.Pemilihan Warna Pada Desain Interior Rumah Minimalis

Warna dapat mengispirasi siapa saja. Warna mampu menjadikan suasana sedih menjadi ceria atau sebaliknya. Karenanya, seseorang sangat berhati-hati dalam mengaplikasikan warna dalam desain interior rumah minimalisnya. Tidak setiap warna yang ia sukai akan ia aplikasikan dalam dinding atau furniture rumahnya.

Warna pun dapat memberi kesan sesuai dengan yang kita mau. Ketika seseorang menginginkan suasana yang ceria warna cerah dan beraneka dapat diaplikasikan untuk mendapat kesan itu. Sebaliknya seseorang yang ingin menampilkan kesan kalem, tenang dan lembut maka warna-warna pastel akan sangat membantu menciptakan suasana itu.

Karena efek warna yang begitu besar dalam kehidupan manusia, warna sering digunakan untuk terapi. Khususnya terapi yang berkaitan dengan perkembangan kepribadian seseorang. Karena warna dapat mempengaruhi kejiwaan seseorang. Karenanya, apapun warna yang akan diaplikasikan dalam desain interior rumah minimalis hendaknya disesuaikan dengan kesan yang ingin diciptakan.

Kelembutan ruangan juga dapat diperoleh dari penerapan warna pastel dalam desain interior rumah minimalis. Nah, dengan demikian warna menjadi sesuatu yang tidak boleh Anda abaikan jika Anda menghendaki terciptanya suasana yang nyaman sesuai yang Anda kehendaki dalam desain interior minimalis. Jangan pernah abaikan hal terkait dengan warna dalam desain interior, baik warna dasar dinding maupun warna furniturenya.

5.Aplikasikan Lampu Dalam Desain Interior Rumah Minimalis Anda

Lampu selain sebagai penerang dalam sebuah rumah, juga sering difungsikan sebagai elemen dekorasi. Sehingga kehadiran lampu tidak hanya sekedar penerang ruangan tetapi juga sebagai pemanis bahkan memberikan kesan estetik dalam sebuah ruangan.

Saat ini berbagai desain lampu hias sangat mudah Anda dapatkan di beberapa toko furniture. Anda tinggal memilih lampu yang sesuai dengan tema desain interior rumah minimalis Anda. Masing-masing desain lampu tersebut selain mempunyai desain yang berbeda juga pancaran cahaya yang dihasilkanpun memberi kesan yang berbeda juga.

Tapi harus diingat ketepatan dalam menempatkan lampu dengan desain tertentu sangat penting untuk diperhatikan. Karena tidak setiap desain lampu yang cocok untuk suatu ruangan akan cocok dengan jika dipasang pada ruang yang lain.

Anda dapat mengfungsikan beberapa lampu tersebut untuk menciptakan kesan tertentu pada sebuah ruangan. Dalam kamar tidur misalnya, jika Anda akan menciptakan kesan romantis, lampu dengan sorot cahaya ke bagian tertentu akan memberikan kesan yang Anda maksud.


Artikel Populer