Cat Tembok Tahan Lama


Post : 2013-07-08 13:57:50. Kategori :   Tips & Trick cat_q76eqw.jpg

Pastinya mau dong kalau kita punya rumah dengan kualitas cat tembok yang tahan lama.. Tapi untuk hal itu, memang nggak bisa dilakukan sembarangan, dan harus ada sedikit usaha. Berikut tips-tipsnya supaya pengecatan kita bisa lebih tahan lama.

  • Perhatikan Tipe Cat yang Anda Beli. Seperti yang sudah kita tahu, cat tembok dibagi menjadi 2 tipe, yaitu Cat tembok Eksterior, dan Cat tembok Interior. Bukan masalah besar kalau kita hanya ingin mengecat dalam ruangan, tapi jangan sampai kita beli cat interior (karena tentunya lebih murah) untuk pemakaian di luar ruangan. Cat Interior sama sekali tidak didesain untuk tahan lama terhadap paparan sinar matahari dan perubahan cuaca. Sangat disarankan, penggunaan cat untuk luar ruangan menggunakan cat tembok khusus Eksterior (Belazo EF, Dulux Weathershield, Mowilex Weathercoat, Danashield, dsb). Bahkan, cat yang katanya bisa digunakan Eksterior dan Interior sekaligus pun tidak disarankan. Karena cat tipe eksterior interior sekaligus itu hanya sedikit lebih kuat dari cat tembok interior.
  • Pilih Waktu Mengecat yang Tepat Sangat disarankan, pengecatan dilakukan saat siang hari, dan ketika cuaca sedang benar-benar cerah. Karena, tingkat kelembaban sangat mempengaruhi kualitas tembok yang akan kita cat. Karena, jika tembok terlalu lembab, cat yang menempel pun akan lebih cepat mengelupas dari biasanya.
  • Pilih Warna yang Bersifat Cerah. Tahan lama hanya masalah waktu. Suatu saat, cat yang bermerk sangat bagus sekalipun pasti warnanya akan semakin pudar. Hanya saja, kalau cat biasa pudar dalam 2 tahun, cat berkualitas bisa lebih lama sampai 4-5 tahun untuk pudar. Tapi, hal itu tidak terlalu menjadi masalah jika kita memilih cat dengan warna yang cerah. Warna cerah memiliki pigmen warna yang lebih sedikit daripada yang berwarna pekat, sehingga tingkat kepudarannya lebih sedikit dibandingkan warna yang pekat.

Artikel Populer